amazon

Senin, 23 Agustus 2010

Samba ubuntu

Samba merupakan suatu program aplikasi yang terdiri dari beberapa program. Samba berfungsi untuk melakukan sharing data/fi le dan prnter antara O/S MS Windows dengan O/S Unix/Linux (sumber : http://azzhtor-azhtoryeah.blogspot.com/2009/11/pengertian-samba.html). Langsung aja kita install samba pada ubuntunya okeh …..
1. Install sambanya dengan mengetikkan "root@server:/# apt-get install samba"
2. Oh ya pada kali ini hanya sebatas file share aja ga sampe PDC jadi kita buat folder file yang mau di share dulu dengan perintah "root@server:/# mkdir /home/share".
3. Setelah itu kita tambahkan konfigurasi samba untuk folder sharenya dengan perintah "root@server:/# joe /etc/samba/smb.conf" dan isikan dengan data berikut :
[share]
        comment = file sharing
        path = /home/share
        browseable = yes
        valid users = support
        guest ok = yes
        writable = yes
        #read only = yes
        create mask = 0777
        directory mask = 0777
 4. Langkah berikutnya adalah kita membuat usernya tuk supaya bisa akses ke folder tersebut dengan username support dengan perintah "root@server:/#useradd support" berikutnya tambahkan juga passwordnya dengan perintah "root@serverl:/#passwd password".
5. Diatas kan baru user linuxnya nah sekarang user dan password sambanya dengan perintah "root@server-legal:/#smbpasswd—a support" lalu kita enablekan usernya dengan perintah "root@server-legal:/#smbpasswd—e support".
6. Berikutnya tinggal restart deh servicenya dengan perintah "root@server-legal:/#/etc/init.d/samba restart"
Nah dah jadi deh kita share folder file dengan samba. Atur dah …..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar